Kamis, 18 April 2013

Sekilas Mengenai Jaringan Komputer


Pengertian
Jaringan komputer adalah himpunan "interkoneksi" antara dua komputer autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh) atau lebih yang terhubung dengan media transmisi kabel atau tanpa kabel (wireless).

Sistem Koneksi
Dalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antarnode (komputer), yakni:
  • Peer to Peer (Rekan Sekerja)
Jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer, yang digunakan untuk penggunaan khusus. dapat berfungsii sebagai client maupun server pada periode yang sama.
  • Client Server
Bukan hanya di jaringan lokal, sistem ini juga diterapkan dengan teknologi internet. Di mana ada suatu unit yang berfungsi sebagai server yang hanya memeberikan layanan bagi komputer lain dan client yang juga hanya meminta layanan dari server dengan melakukan login terlebih dahulu ke server yang dituju.

Perbedaan Jaringan Komputer dengan Sistem Terdistribusi
Perbedaan antara jaringan komputer dengan sistem terdistribusi adalah:
  • Jaringan Komputer:
Komputer yang saling terhubung dapat sharing, namun tiap pekerjaan ditangani sendiri-sendiri oleh komputer yang meminta dan dimintai layanan. Metode komunikasi dengan model peer to peer atau client server.
  • Sistem Terdistribusi:
Beberapa host terhubung agar dapat mengerjakan sebuah atau beberapa pekerjaan besar bersama. Metode komunikasi antar komputer tersentralisasi (terpusat pada komputer utama/host).

Masalah Sosial yang Ditimbulkan
Penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan timbulnya masalah-masalah sosial, etika, politik, maupun ekonomi. Penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah apabila masih dalam batas norma-norma kehidupan. Tetapi kesulitan mulai muncul bila suatu situs di internet memiliki topik yang sangat menarik perhatian orang, seperti pertentangan politik, agama, sex, dll. Ada juga masalah lain yang dapat ditimbulkan, seperti SARA, carding. pornografi, dll.

Jenis-jenis Jaringan
Secara umum jaringan komputer terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Local Area Network (LAN)
Sebuah LAN adalah jaringan yang dibatasi oleh area yang relatif kecil, umumnya dibatasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. Biasanya jarak antarnode tidak lebih jauh dari sekitar 200 m.
 
Local Area Network
  • Metropolitan Area Network (MAN)
Sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, misalnya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti provinsi atau negara bagian). Dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil ke dalam lingkungan area yang lebih besar. Sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan lainnya.
 
  • Wide Area Network (WAN)
WAN adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireless, sarana satelit, ataupun kabel serat optik, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antar kota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.
 
Wide Area Network

Referensi:
Syafrizal Melwin, Pengantar Jaringan Komputer, Andi, 2005.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar