Minggu, 19 Mei 2013

Soal UTS Sistem Multimedia


  1. Aplikasi yang menggunakan bermacam-macam dukungan seperti teks, gambar, grafik, animasi, video, suara termasuk speech dan interaktif, adalah pemahaman multimedia versi:
    a. Vendor PC
    b. Pelanggan/customer TV
    c. Pengacara/lawyer
    d. Ilmuwan komputer/pelajar *
  2. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video. Adalah definisi Multimedia yang di gagas oleh:
    a. Roseh, 1996
    b. McCormick, 1996
    c. Robin & Linda, 2001*
    d. Turban dkk, 2002
  3. Berikut ini adalah beberapa variasi tema terhadap multimedia yang dilakukan peneliti-peneliti bidang ilmu komputer, kecuali:
    a. Pemrosesan dan pengkodean Multimedia
    b. Multi-momen interkoneksi dan Integrasi*
    c. Perangkat multimedia, system-muktahir dan aplikasi
    d. Dukungan sistem multimedia dan jaringan
  4. Yang bukan merupakan bagian dari empat komponen penting dari sistem multimedia adalah:
    a. Adanya sumber daya manusia yang mengerti teknologi informasi*
    b. Ada link yang menghubungkan pengguna dengan informasi
    c. Adanya komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat dan didengar
    d. Ada alat navigasi yang memandu untuk menjelajah jaringan informasi
  5. Proyek multimedia saat ini yang digunakan untuk penangkapan gerakan visual aktor yang menghasilkan secara otomatis model animasi realistik dengan gerakan alami adalah:
    a. 3D motion capture*
    b. Camera-based object tracking technology
    c. Multiple Views
    d. 3D capture Technology
  6. Proyek multimedia yang menyediakan suatu alat untuk dapat memonitoring kesehatan pasien yang berada di rumahnya adalah:
    a. Digital fashion
    b. Electronic houscall system*
    c. Augmented interaction applications
    d. Specific multimedia application
  7. Contoh-contoh seperti Assembly, Power Builder, Delphi dan lain-lain adalah jenis sumber daya produksi konten multimedia kategori perangkat lunak:
    a. Sistem software
    b. Pengolah animasi dan grafik
    c. Bahasa pemrograman*
    d. Aplikasi multimedia
  8. Aplikasi komputer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman bahasa pemrograman adalah:
    a. Sistem software
    b. Pengolah animasi dan grafik
    c. Aplikasi multimedia
    d. Authoring multimedia*
  9. Multimedia merupakan media pelatihan yang baik dan menarik, misalnya perusahaan IntallShield membuat perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training yang dikenal dengan istilah:
    a. Computer Based Training (CBT)*
    b. Computer Aided Machine (CAM)
    c. Computer Aided Design (CAD)
    d. Computer Based Education (CBE)
  10. Workgroup computing yang memungkinkan beberapa orang untuk memakai komputer yang sama pada saat bersamaan, dan Dekstop Video Conferencing yang memungkinkan peserta melakukan konferensi video sambil duduk di meja masing-masing dengan menggunakan layar PC atau televisi yang terhubung merupakan bagian dari:
    a. Aplikasi berbasis web
    b. Aplikasi otomatisasi kantor*
    c. Aplikasi dalam bidang sistem informasi
    d. Aplikasi dalam bidang produksi
  11. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat/memproses konten dalam bentuk digital gabungan dari teks, gambar, grafik, suara, animasi, dan video disebut dengan:
    a. Basics of digital audio
    b. Computer and multimedia network
    c. Multimedia authoring tools*
    d. Graphics and image data representations
  12. Authoring berbasis icon salah satu contohnya yang dikembangkan oleh Microsoft berupa program komputer untuk presentasi di dalam paket aplikasi perkantoran (Microsoft Office) adalah:
    a. Microsoft Office Access
    b. Microsoft Office Excel
    c. Microsoft Office Word
    d. Microsoft Office Power Point*
  13. Adobe Flash (dahulu bernama Marcromedia Flash) merupakan salah satu perangkat lunak Authoring berbasis waktu, yang digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. File/berkas yang dihasilkan dari perangkat lunak ini dapat dijalankan melalui internet browser yang telah dipasangi Adobe Flash Player mempunyai file extension:
    a. .swf (Shockwave Flash)*
    b. .flv (Flash Video)
    c. .flp (Flash Player)
    d. .swp (Shockwave Player)
  14. Aplikasi authoring multimedia yang dilengkapi dengan bahasa pemrograman misalnya pada Macromedia Director, dilengkapi dengan bahasa pemrograman yang disebut dengan:
    a. Assembler
    b. Lingo*
    c. Basic
    d. Delphi
  15. Untuk menghitung pola titik-titik sehingga nilai 0 sampai 255 sehingga sesuai dengan pola yang lebih dan diisi dengan nilai pixel gelap untuk mencetak pada 1-bit printer, digunakan:
    a. Dotpixel
    b. Grayscale
    c. Dithering*
    d. Halftone
  16. Pada Type/Jenis Data pada gambar kebanyakan format gambar menggunakan variasi teknik kompresi karena ukuran penyimpanan yang besar dari file gambar dengan klasifikasi:
    a. Dithering – Lossless – Lossy
    b. Dithering – Lossy
    c. Dithering – Lossless
    d. Lossless – Lossy*
  17. Pada warna look-up tables(LUTs), sebuah proses animasi yang sangat sederhana mungkin hanya mengubah table warna yang disebut ............ atau pallete animation.
    a. Color cycling
    b. Color changing
    c. Pallet changing*
    d. Pallet cycling
  18. Dalam pandangan manusia lebih sensitif terhadap warna RGB, yang merupakan warna dari:
    a. Red-grey-black
    b. Red-green-blue*
    c. Red-green-black
    d. Red-grey-blue 
  19. Format file yang paling umum baik untuk fotografi ataupun desain grafis dari proses kompresi sehingga filenya kecil, tidak memakan storage dan handwith serta section digunakan untuk we atau blog adalah file image:
    a. Portable Network Graphics (PNG)
    b. Exchangeable Image File Format (EXIF)
    c. Joint Photographics Expert Group (JPG/JPEG)*
    d. Graphics Interchange Format (GIF)
  20. Penggunaan transparancy masking pada design background sebuah gambar, merupakan fitur yang dimiliki oleh file image:
    a. Portable Network Graphics (PNG)
    b. Exchangeable Image File Format (EXIF)
    c. Joint Photographics Expert Group (JPG/JPEG)
    d. Graphics Interchange Format (GIF)*
  21. Fenomena gelombang yang dihasilkan oleh getaran benda dengan melibatkan molekul udara sebagai media perambatnya sehingga dapat dirasakan didengar disebut dengan:
    a. Suara*
    b. Panas
    c. Asam
    d. Silau
  22. Keras lemahnya bunyi atau biasanya digambarkan dengan tinggi rendahnya gelombang disebut dengan:
    a. Frekuensi
    b. Amplitudo*
    c. Velocity
    d. Periode
  23. Pulse code modulation (PCM) adalah representasi digital dan sinyal analog, dimana gelombang disample secara beraturan berdasarkan interval waktu tertentu, yang kemudian diubah ke biner. Proses ini disebut dengan:
    a. Analogisasi
    b. Digitalisasi*
    c. Quantisasi
    d. Qualitisasi
  24. Suara standar yang dibuat oleh perusahaan alat-alat musik elektronik berupa serangkaian spesifikasi agar berbagai instrumen dapat berkomunikasi, dikenal dengan nama:
    a. Advance audio coding (AAC)
    b. Waveform audio (WAV)
    c. Audio interchange file format (AIFF)
    d. Music instrument digital interface (MIDI)*
  25. Proses pengubahan data menjadi sekumpulan kode untuk menghemat tempat penyimpanan dengan atau tanpa mengurangi kualitas dari data tersebut, adalah proses:
    a. Kompresi*
    b. Demodulasi
    c. Modulasi
    d. Dekompresi
  26. Teknik pengubahan suatu data menjadi lebih ringkas dari data aslinya tanpa mengurangi/menghilangkan data yang dimiliki, serta dapat dikembalikan kepada ukuran dan struktur yang sama persis dengan data asli, disebut dengan metode:
    a. Minimalis
    b. Lossless*
    c. Lossy
    d. Maximless
  27. Teknik pengubahan suatu data menjadi lebih ringkas dari data aslinya namun tidak mengubah pola pokok dari data yang dikompresi, meskipun tidak dapat dikembalikan kepada ukuran yang sama persisdegan data aslinya, disebut dengan metode:
    a. Minimalis
    b. Lossless
    c. Lossy*
    d. Maximless
  28. Metode kompresi yang menggunakan pendekatan statistik dan berguna untuk data-data yang memiliki banyak kesamaan, misal teks atau grafik seperti icon atau gambar garis-garis yang banyak memiliki kesamaan pola, adalah:
    a. Lempel zel welch (LZW)
    b. Huffman coding
    c. Variable length coding (VLC)
    d. Run length encoding (RLE)*
  29. Algoritma kompresi lossless yang dirancang untuk cepat dalam implementasi, menggunakan teknik adaptif dan berbasis “kamus” adalah:
    a. Lempel zel welch (LZW)*
    b. Huffman coding
    c. Variable length coding (VLC)
    d. Run length encoding (RLE)
  30. Algoritma pengkodean menggunakan cara menyusun pohon untuk masing-masing simbol berdasarkan nilai probabilitasnya, disebut dengan:
    a. Lempel zel welch (LZW)
    b. Huffman coding*
    c. Variable length coding (VLC)
    d. Run length encoding (RLE)
  31. Teknik multiplexing dengan cara menata setiap informasi (suara 1 percakapan pelanggan) sedemikian rupa sehingga menempati satu alokasi selebar sekita 4 kHz, dengan pemakaian bersama kabel yang mempunyai bandwith yang tinggi terhadap beberapa frekuensi, disebut dengan:
    a. Space division multiplexing (SDM)
    b. Time division multiplexing (TDM)
    c. Frequency division multiplexing (FDM)*
    d. Wave-length Division Multiplexing (WDM)
  32. Teknologi multiplexing dalam saluran/komunikasi serat optik untuk menyalurkan lebih dari satu sumber sinar/cahaya dengan panjang gelombang (lamda) tertentu mewakili satu sumber informasi, adalah teknik multiplexing:
    a. Space division multiplexing (SDM)
    b. Time division multiplexing (TDM)
    c. Frequency division multiplexing (FDM)
    d. Wave-length Division Multiplexing (WDM)*
  33. Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, dengan menggunakan perangkat jaringan yang sederhana dan populer, termasuk jaringan:
    a. Local Area Network (LAN)*
    b. Wide Area Network (WAN)
    c. Metropolitan Area Network (MAN)
    d. Internet
  34. Jaringan komputer yang lebih luas dan lebih canggih, dengan cakupan area yang lebih besar, merupakan kategori jaringan:
    a. Local Area Network (LAN)
    b. Wide Area Network (WAN)
    c. Metropolitan Area Network (MAN)*
    d. Internet
  35. Titik Konversi Optik (TKO) terletak di suatu tempat diluar bangunan, didalam kabinet dan diatas tiang dengan kapasitas lebih kecil, jarak tempuh kabel tidak dapat terlalu jauh, termasuk:
    a. Fiber to the building (FTTB)
    b. Fiber to the zone (FTTZ)
    c. Fiber to the curb (FFTC)*
    d. Fiber to the house (FTTH)
  36. Titik konversi optik (TKO) terdapat di dalam rumah pelanggan. Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga indoor atau IKR hingga beberapa puluh meter. Untuk rate yang sangat tinggi dapat dinstall jaringan optik yang langsung ke bangunan pelanggan adalah:
    a. Fiber to the building (FTTB)
    b. Fiber to the zone (FTTZ)
    c. Fiber to the curb (FFTC)
    d. Fiber to the house (FTTH)*

  37. Karakteristik multimedia data yang membutuhkan data rate tinggi dan berukuran besar adalah:
    a. Voluminous*
    b. Real-time and interactive
    c. Voiceminous
    d. Real-play and interchange

  38. Karakteristik multimedia data yang membutuhkan low delay, serta membutuhkan sinkronisasi dan interaktif adalah:
    a. Voluminous
    b. Real-time and interactive*
    c. Voiceminous
    d. Real-play and interchange

  39. Suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video secara real time pada jaringan komputer, dan dapat dilakukan pada bandwith rendah, disebut dengan:
    a. Sharing
    b. Download
    c. Streaming*
    d. Broadcasting

  40. Proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya, dikenal dengan nama:
    a. Sharing
    b. Download
    c. Streaming
    d. Broadcasting*




Tidak ada komentar:

Posting Komentar